Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 13 Agustus 2014

EDU FAIR kampus tercinta, Akademi Analis Kesehatan Nasional Surakarta di SMA Warga (2013)


Jumat, 20 Desember 2013
Acara Promosi Kampus AAK Nasional Surakarta dilaksanakan di 2 tempat, yaitu SMA Warga dan SMA 5 Surakarta dalam acara EDU FAIR yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya. Kami, Nadia Despina Araya dan Martha Diana Pizyoko Putri, mahasiswa tingkat III Reguler B AAK Nasional Surakarta mendapatkan tugas untuk menjaga stand dan melakukan rangkaian kegiatan promosi yang telah dipersiapkan oleh panitia.
Acara ini dimulai pada hari Jumat pukul 8 pagi. Pada pukul 8 pagi banyak peserta dari universitas maupun perguruan tinggi lain yang sudah men-setting meja stand masing-masing. Kami mendapatkan meja AAK berada di sebelah kiri pintu masuk. Walaupun posisinya strategis, spanduk yang tergantung di depan stand cukup menutupi sebagian atas sehingga harus mencari posisi supaya X-banner yang dipasang dapat terlihat. Stand AAK baru siap pada pukul 9 saat dosen kami pak Bernadus datang. Kami menolak 2 kali tawaran presentasi ke kelas-kelas dari panitia karena tidak ada bahan presentasi sama sekali. Tetapi kesempatan presentasi masih ada sampai pukul 11 siang. 
Setelah setting tempat, pak Bernadus kembali ke kampus untuk mengambil laptop dan mikroskop, tetapi yang kami gunakan adalah laptop karena keterbatasan luas meja yang kami gunakan. Bahkan kami tidak sempat memasang backdrop karena tidak ada perekat untuk dinding dan tidak memutarkan video karena tidak ada proyektor. Kami melakukan promosi secara lisan dan menarik perhatian siswa dengan memajang hadiah serta brosur.
and dibuka dan seketika siswa-siswi SMA Warga banyak berdatangan kira-kira pukul 9 lebih untuk mencari informasi. Tetapi kebanyakan dari mereka adalah siswa kelas X dan XI, beberapa juga ada dari kelas XII. Sebagian dari mereka belum mengetahui apa itu AAK, bahkan banyak yang menulis AAK sebagai Akademi Analisis Kesehatan. Ada juga yang hanya menulis singkatan AAK tetapi tidak mengetahui apa yang diajarkan serta jurusannya, bahkan ada yang menuliskan AAN. ??? Tetapi kami menjelaskan kepada mereka apa itu AAK Nasional Surakarta, menarik minat mereka dan memberikan kuis pemberian judul Banner yang sudah dipersiapkan. Banyak juga siswa IPS yang sangat tertarik untuk menjadi analis dan kami tetap memberi dorongan kepada mereka untuk mencoba mendaftar karena mereka antusias untuk menjadi tenaga kesehatan.
Gambar 1. Siswa-siswi SMA Warga berdatangan dan mencari info AAK

Pukul 10 kami mendatangi panitia (OSIS SMA Warga dan Pak Supri) untuk mengajukan presentasi ke kelas-kelas. Kelas XII IPA adalah sasaran utama untuk pendaftar mahasiswa baru di AAK Nasional Suarakarta, panitia juga sangat berharap bahwa kami dapat melakukan presentasi karena sudah ditunggu-tunggu. Pada waktu itu ternyata siswa-siswi sedang istirahat, kami diminta menunggu sampai pukul 10.15. Pada pukul 10.15 kami kembali, tetapi kelas XII IPA sedang penuh dan kami sudah didahului oleh AKFAR serta institusi lain. Kami harus menunggu lagi kurang lebih sampai pukul 11 siang. Selagi menunggu, kami menjaga stand yang ternyata sudah cukup sepi. Kami masih menawarkan kuis dan brosur. Kami juga mempersiapkan materi presentasi yaitu dengan video profil AAK.