Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Selasa, 05 Juni 2012

Near Field Communication (NFC) by Nadia




Apa itu NFC ??
Di jaman yang udah super canggih, udah banyak gadget yang beredar di dunia ini. Mulai dari handphone sampai ke portable gadget seperti iPad, iPhone, dan banyak produk lain yang menawarkan kepraktisan. Tapi, apa semua kebutuhan udah terpenuhi? Saat ini ada juga dompet portable tapi di dalam handphone kamu. Jadi, kita tidak perlu mengeluarkan uang tunai atau kartu kredit yang menuhin dompet kamu. Selain itu, kita juga tidak perlu selalu mengetikkan URL pada saat ingin mencari informasi, misalnya tentang toko atau produk yang sedang diiklankan. Cukup dekatkan ponsel kita ke poster bertanda NFC, langsung bisa kita dapatkan informasi yang kita inginkan.
Near field communication atau NFC, menyediakan transaksi yang sederhana, pertukaran data, dan koneksi nirkabel antara dua alat yang saling berdekatan, biasanya tidak lebih dari beberapa centimeter. Beberapa smartphone saat ini di pasaran sudah ditanami chip NFC yang dapat mengirim data dalam jarak yang dekat (“near field”) ke pembaca, misalnya pada daftar harga. Pembeli yang mempunyai informasi kartu kredit yang tersimpan pada NFC smartphone dapat membayar hanya dengan mendekatkan pada pembaca (NFC Reader).
Teknologi Near Field Communication (NFC) dapat membuat hidup lebih mudah dan nyaman bagi penggunanya di seluruh dunia dalam melakukan transaksi, seperti pertukaran konten digital, hanya menghubungkan perangkat elektronik ke perangkat elektronik yang memiliki teknologi NFC dengan sentuhan, pengguna juga bisa membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel. Sebuah teknologi konektivitas berbasis standar, NFC memungkinkan memberikan solusi saat ini dan masa mendatang di bidang-bidang seperti:
1.      Akses kontrol
2.      Konsumen elektronik
3.      Kesehatan, seperti alat cek hemoglobin atau glukosa dan hasilnya dikirim lewat NFC
4.      Pengumpulan Informasi dan pertukaran data
5.      Loyalitas dan pembelian kupon
6.      Pembayaran
7.      Transportasi, seperti pembelian tiket jalan tol
NFC ditemukan oleh NXP Semiconductors dan Sony pada tahun 2002, teknologi NFC sedang dikembangkan dari peralatan mobile handset menjadi mobile payment (pembayaran mobile). Produk handphone pertama dengan teknologi NFC yang sudah dipasarkan di Eropa dan Amerika adalah Samsung Nexus S, dilengkai NFC controller chip produk NXP (Philips) yaitu PN544. Samsung Nexus S menggunakan sistem operasi Android versi Gingerbread yang didukung oleh Google. Google sendiri sudah mempersiapkan berbagai aplikasi untuk teknologi NFC pada handphone. Anggota NFC forum mencapai 140, di antaranya Samsung, Nokia, Huawei, HTC, Motorola, NEC, RIM, LG, Sony Ericsson, Toshiba, AT&T, Sprint, Rogers, SK, Google, Microsoft, PayPal, Visa, Mastercard, American Express, Intel, TI, Qualcomm, dan NXP.
Apa bedanya sama Bluetooth ?
Kunci utama NFC adalah komunikasi nirkabel jarak dekat yang aman dan efektif. Jarak maksimum yaitu 20 cm, yang memastikan bahwa komunikasi terjadi secara aman. Hal ini dinilai dari adanya kelemahan dari Bluetooth yang menggunakan daya yang tinggi dan perhatian kepada keamanan. NFC juga bekerja ketika baterai/power satu alat sedang dalam keadaan lemah. Jadi, kita bisa lebih hemat baterai kalau menggunakan NFC, selain itu juga lebih aman karena jarak operasinya yang dekat.
Handphone dengan NFC dapat terhubung dalam satu persepuluh detik

Macam-macam penggunaan NFC …
NFC terbagi menjadi 2, yaitu NFC terbuka dan NFC secure. NFC terbuka mengacu pada interaksi antara dua perangkat berkemampuan NFC atau penggunaan sebuah perangkat NFC untuk membaca sebuah tanda NGC (chip yang tertanam di poster, kartu, atau media cetak lainnya) untuk menerima konten atau melakukan sebuah hal. NFC secure, di lain pihak, mengacu pada penggunaan perangkat mobile sebagai sebuah dompet atau kartu kredit virtual untuk melakukan pembayaran dengan cara mengibaskannya di atas sebuah pembaca NFC. NFC bekerja pada pita frekuensi dengan standar berlisensi 13.56MHz. Syarat lain yang perlu diperhatikan yaitu bahwa kita harus dapat terhubung ke internet saat menggunakan NFC terbuka, karena tanda NFC berfungsi untuk menghubungkan kita kepada suatu URL untuk memperoleh berbagai informasi.
NFC Terbuka
Dengan teknologi NFC terbuka anda cukup menyentuhkan perangkat berkemampuan NFC ke sebuah tanda NFC untuk melakukan hal-hal seperti “check in” di lokasi tertentu, mengumpulkan poin di sebuah toko, atau mengakses situs web tanpa harus mengetikkan URL-nya. Tanda NFC juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi di toko aplikasi online mana pun; misalnya, daripada harus mengunjungi sebuah toko online untuk mencari sebuah aplikasi, anda cukup menyentuh sebuah tanda dan langsung mengunduh aplikasi tersebut. Selain itu juga dapat digunakan untuk memesan makanan pada sebuah restoran dengan tanda NFC pada buku menu yang disediakan.
Selain membaca tanda, dengan NFC terbuka kita bisa dengan mudah menghubungkan ponsel NFC kita dengan yang lain, cukup dengan menyentuhkan kedua ponsel. Dengan cara ini kita bisa dengan mudah bertukar konten, seperti foto, atau bermain game, tanpa harus melalui langkah yang memakan waktu untuk melakukan pairing Bluetooth. Game mobile populer Angry Birds, misalnya, telah memiliki versi ekslusif NFC untuk Nokia C7. ‘Angry Birds Free with Magic’ memiliki level-level tersembunyi yang bisa dibuka lewat menyentuhkan ponsel dengan Nokia C7 lainnya, atau dengan membaca sebuah tanda NFC yang akan langsung menghubungkan anda ke Ovi Store untuk mengunduh level-level berikutnya.
NFC terbuka juga memudahkan anda untuk menghubungkan perangkat mobile anda dengan pengeras suara atau headphone nirkabel berkemampuan NFC. Bayangkan situasi di mana anda, setelah berolahraga sambil mendengarkan musik di headphone, kemudian pulang dan langsung menyentuhkan ponsel anda ke pengeras suara berkemampuan NFC di rumah.
NFC Secure
Teknologi NFC pada handphone betul-betul dapat menggantikan dompet di mana dapat mengeluarkan uang dan juga menerima uang dari dan ke sesama pengguna NFC. Selain untuk pembayaran teknologi NFC dapat digunakan sebagai pengganti KTP, SIM, kartu mahasiswa, dan lain-lain, kartu absen, dan lain-lain. NFC secure dapat dilakukan untuk pembayaran dengan adanya kode atau password sehingga tetap aman digunakan untuk pembayaran di manapun.